Manfaat Jamur Lingzhi dan Cara Pengolahannya

Standar
Manfaat Jamur Lingzhi dan Cara Pengolahannya

Manfaat Jamur Lingzhi dan Cara Pengolahannya. Kamu-kamu mesti tahu dengan jamur Lingzhi. Ini jamur terkenal karena khasiatnya sebagai bahan obat-obatan. Jamur Lingzhi mempunyai manfaat yang sangat banyak. Manfaatnya antara lain memperlancar aliran darah (bagus untuk penderita stroke, tekanan darah tinggi/hipertensi,  mencegah serangan jantung),  memperbaiki fungsi organ-organ tubuh, membersihkan racun dalam tubuh, memperbaiki fungsi pankreas (bagus untuk penderita diabetes), mengatasi tumor dan kanker, membantu penyembuhan hepatitis, dan masih segudang manfaat lainnya.

Manfaat Jamur Lingzhi dan Cara Pengolahannya. Kemarin nonton di salah satu stasiun TV yang menayangkan cara pengolahan jamur lingzhi. Pertama-tama jamur dijemur kurang lebih 7 jam di panas matahari. Lalu digiling dengan mesin sampai jadi bubuk. Bubuk tersebut dimasak dalam air yang sudah diberi rasa tertentu agar rasanya lebih enak. Nah air yang sudah terlarut dengan ekstrak jamur lingzhi tadi, kemas dalam botol, lalu dijual.

Manfaat Jamur Lingzhi dan Cara Pengolahannya.  Jamur lingzhi sangat cantik. Bentuknya mirip seperti daun telinga atau lebih mirip kipas. Warnanya merah marun dengan lis putih di pinggirnya. Jamur lingzhi sekarang banyak dibudidayakan karena khasiatnya yang sangat banyak tadi.

jamur lingzhi

jamur lingzhi yang tumbuh alami

Manfaat Jamur Lingzhi dan Cara Pengolahannya. Jamur lingzhi ini bisa tumbuh secara alami di alam atau bisa juga dibudidayakan. Beberapa waktu yang lalu aku menemukan jamur ini tumbuh alami di belakang rumah. Tumbuh di akar pohon mangga yang sudah mati. Pertama melihatnya aku sudah tertarik , kok ini jamur beda, cantik. Waktu itu aku sama sekali belum tahu kalau itu adalah jamur lingzhi yang terkenal itu. Karena penasaran, searching deh di internet. Ternyata itulah jamur lingzhi. (atau aku keliru?…..  lihat gambarnya) Jamur ini kelihatan kering sekali, mungkin karena kurang air.

Manfaat Jamur Lingzhi dan Cara Pengolahannya. Jamur Lingzhi atau Ling zhi atau sering dikenal juga sebagai jamur Renshi,  mempunyai nama latin Ganoderma lucidum. Taksonomi jamur lingzhi adalah sebagai berikut :

kerajaan     : Fungi

filum            : Basidiomycota

kelas            : Agaricomycetes

Ordo             : Polypolares

Famili           : Ganodermataceae

Genus            : Ganoderma

Spesies           : G. lucidum

Semoga postingan Manfaat Jamur Lingzhi dan Cara Pengolahannya ini bermanfaat. Di sekitar kita , Allah telah menciptakan berbagai macam tumbuhan atau pun hewan yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Maka janganlah kita tidak pandai mensyukurinya. Salah satu cara bersyukur akan anugerahnya adalah dengan memelihara kelestarian alam ini.

 

BACA BERITA PORTAL OLAHRAGA DISINI

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s