Tanaman Hias”Paku Sarang Burung”

Standar

Hampir setiap manusia suka dengan keindahan. Kalau melihat tumbuh-tumbuhan hijau, hati rasanya tentram dan damai. Karena memang warna hijau bersifat menyejukkan, menenangkan dan menyeimbangkan emosi,sehingga kita akan merasa segar dan membangkitkan energi kita kembali.

Orang-orang menghias halaman rumahnya dengan beraneka tanaman hias yang sungguh cantik. Bahkan kadang -kadang orang tak segan-segan mengeluarkan uang berjuta-juta hanya untuk memenuhi kesenangannya akan tanaman hias. Beberapa waktu yang lalu malah dunia per-tanaman hias-an mempunyai idola yang harganya melejit tinggi yaitu Gelombang Cinta. Benar-benar seperti artis yang diburu-buru dan dibayar mahal, he..3x. Aku sempat bingung juga sih, kok mau-maunya orang membeli tanaman segitu mahalnya. Tetapi yach, mungkin karena kebanyakan duit. Mending ratusan juta sumbangin ke anak yatim atau orang miskin, kan hati jadi sejuk dan tenang juga tuh.

Tapi benar lho, melihat tanaman hias itu menyenangkan. Kita juga bisa selalu ingat kepada Allah yang telah menciptakan ragam aneka tumbuh-tumbuhan sedemikian indahnya.

Di halaman rumahku terbilang sangat sedikit sekali jenis tanaman hias yang  dikenal orang. Adanya hanya tanaman bunga yang biasa tumbuh tanpa perlu perawatan yang serius. Tetapi ada satu tanaman yang aku sangat suka yaitu tanaman hias Paku Sarang Burung.

Tanaman hias Paku Sarang Burung (Asplenium nidus) adalah jenis tanaman hias yang dikenal sebagai tanaman hias halaman karena Tanaman hias Paku Sarang Burung ini  tajuknya  besar. Entalnya (Ental  adalah bagian tanaman yang serupa dengan daun pada tumbuhan paku. Tunas ental keluar dari rhizoma (rhizoma adalah bentuk modifikasi batang tanaman yang biasanya menjalar di dalam tanah dan dapat menghasilkan tanaman baru dari ruasnya.) Tunas yang keluar dari tanaman hias Paku Sarang Burung ini berbentuk menggulung.) dapat mencapai panjang 150cm dan lebar 20cm, bentuknya seperti daun pisang. Warna helai daun hijau cerah, dan menguning bila terkena cahaya matahari langsung.

Aku suka karena daun(ental)nya yang besar-besar. Cantik. Tetapi karena tanaman hias Paku Sarang Burung ini diletakkan di bagian halaman yang terkena sinar matahari langsung, akibatnya seperti yang terlihat pada foto berikut.

Tanaman hias Paku Sarang Burung (Asplenium nidus)

Sebagian daunnya menguning, dan akhirnya coklat mengering terkena sinar matahari.

Tapi yang paling aku sukai dari tanaman hias Paku Sarang Burung ini, dia benar-benar tahu diri. Kok…? Iya, merawatnya benar-benar tidak merepotkan. Sungguh biarpun dia jarang disiram tetapi dengan ijin Allah dia bisa tetap tumbuh walaupun entalnya jadi mengering kemudian hancur. Lho..? Tetapi jangan khawatir apabila kita sirami lagi walaupun sedikit nanti tunasnya yang melingkar kayak obat nyamuk itu akan bermunculan lagi. Percaya atau tidak tanaman hias Paku Sarang Burung ini (bukan yang di dalam foto) sudah ada di rumahku sejak aku masih kecil. Jadi hidupnya sudah sekitar 30 tahunan dan masih hidup sampai sekarang.

Pokoknya tanaman hias Paku Sarang Burung ini adalah ciptaan Allah yang  sangat indah dan mengagumkan. Subhanallah. Apakah kamu juga suka tanaman hias Paku Sarang Burung ini….?

Kalau begitu sama dong.

2 responses »

  1. Ass..namaku Nita…kebetulan aq juga suka banget ama tanaman Pakis Sarang Burung…di rumahku ada 2 pakis sarang burung yang aq rawat,dan yang satunya mrpkn new comer di blantika taman hias rumahku …..kalo boleh aq cerita sedikit, yang new comer td awalnya aq beli di tempat langgananku, dan saat aq beli dia nangkring di atas pu’un…so jelas skali dia ga terbiasa kena sinar matahari langsung, sesampainya aq di rumah, aq coba tempatkan dia dlm pot dan kena matahari langsung spt tanamanku yang lainnya, eh begitu 2 hari langsung menguning daunnya…akhirnya aq dan suami merakit paranet khusus buat “anakku” yg satu itu, kenapa aq bilang khusus, coz kami merakitnya persis bentuk payung yang khusus utk melindungi dia..Alhmdulillah skrg dia dah bisa hidup spt biasa…daunnya sdh mulai segar dan hijau kembali…🙂.boleh di intip fotonya di blog ku,safiradiannazwa.blogspot.com dgn judul “Taman Hias Keluargaku” (promosi dikit…hehehe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s