PRODUK UNTUK KOLESTEROL, GEJALA KOLESTEROL, DAN OBAT KOLESTEROL

Standar
PRODUK UNTUK KOLESTEROL, GEJALA KOLESTEROL, DAN OBAT KOLESTEROL

Obat Kolesterol : Mengenal Kolesterol

Sering mendengar tentang kolesterol? Yang langsung terbayang di benak kita adalah kumpulan makanan berlemak dan tidak sehat yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan penyakit stroke. Tidak salah sih kalau anggapan sebagian besar kita seperti itu, namun ada baiknya kita mengenal lebih jauh tentang penyakit apa yang bisa disebabkan olehnya. Ada pepatah mengatakan tak kenal ya jelas ngga tau dong!!! He3x…

Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan). Ia memiliki peran penting antara lain adalah :

  • membantu proses pembentukan bentuk sel-sel sehat dalam tubuh seperti dalam pembentukan hormon dan asam empedu
  • membentuk hormon korteks adrenal yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan kadar garam dalam tubuh
  • membentuk hormon seks
  • sebagai pembungkus dan pelapis jaringan syaraf dan membran sel
  • membantu perkembangan jaringan otak dan syaraf
  • memproduksi vitamin D yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dalam tubuh
  • sebagai bahan pembentukan asam garam, empedu yang berfungsi untuk meningkatkan pembuangan lemak dalam tubuh
  • memperkuat jaringan sel-sel yang ada dalam tubuh sehingga fungsi organ-organ pada tubuh dapat berfungsi secara lebih optimal

Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh harus bergandengan dengan protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai ‘pembawa’ (carier) kolesterol dalam darah .  

Jenis-jenis kolesterol terdiri atas LDL (Low Density Lipoprotein) dimana lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah dan dalam jangka waktu yang lama akan membentuk plak pada dinding pembuluh darah. Kolesterol LDL sendiri berperan untuk menyebarkan kolesterol yang diproduksi oleh sel hati ke jaringan-jaringan tubuh lain. Sedangkan kolesterol baik yang dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. HDL mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses Arteriosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah).

Ada satu lagi yang juga penting yaitu Trigliserida, ini adalah satu jenis lemak yang terdapat dalam darah dan berbagai organ dalam tubuh. Meningkatnya kadar trigliserida dalam darah juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Sejumlah faktor dapat mempengaruhi kadar trigliserida dalam darah seperti kegemukan, konsumsi alkohol, gula, dan makanan berlemak. Tingginya kadar trigliserida (TG) dapat dikontrol dengan diet rendah karbohidrat.

Nah, jadi sebenarnya kolesterol ini berguna bagi tubuh, namun harus seimbang jangan sampai malah membahayakan kesehatan. Terkadang pola makan dan pola hidup yang buruk memicu tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Tabel berikut adalah acuan kadar kolesterol normal menurut WHO:

Jenis Kolesterol Kategori Baik Kategori Perbatasan Kategori Bahaya
Kolesterol Total < 200 200-239 ≥ 240
Kolesterol LDL < 130

< 100 (bila ada Diabetes Melitus)

130-139 ≥ 140

 

Kolesterol HDL < 130 130-139 ≥ 140

Tubuh yang memiliki kadar kolesterol yang tidak normal, bertahun-tahun kemudian apabila telah terjadi Arteriosklerosis atau plak pada pembuluh darah maka berbagai penyakit berbahaya akan mulai muncul seiring dengan semakin tidak lancarnya aliran darah dan oksigen ke berbagai organ penting di seluruh tubuh. Antara lain adalah penyakit jantung, dan penyakit stroke.

  1. penyakit stroke, tanda-tanda stroke ,penyebab stroke

Ketika kita memiliki lebih banyak kolesterol daripada yang dibutuhkan tubuh, maka kolesterol dapat menyebabkan plak yang menumpuk di arteri. Plak yang tebal dan keras ini dapat menyumbat arteri (jenis pembuluh darah berotot yang berfungsi membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh) seperti pipa yang tersumbat, dan berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan penyakit stroke atau penyakit jantung.

Penyakit stroke adalah kematian jaringan otak akibat berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Untuk kasus penyakit stroke yang berhubungan dengan kolesterol tinggi disebut penyakit stroke iskemik (penyebab stroke / penyakit stroke ini akibat Arteriosklerosis). Dan menurut data statistik 80% pemicu penyakit stroke atau penyebab stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis.

Tanda-tanda stroke :

  • Rasa bebal atau mati mendadak atau kehilangan rasa dan lemas pada muka, tangan atau kaki, terutama pada satu bagian tubuh saja (tanda-tanda stroke)
  • Mendadak merasa pusing dan sakit kepala tanpa diketahui sebab musababnya (tanda-tanda stroke)
  • Satu mata atau kedua mata mendadak kabur (tanda-tanda stroke)
  • Rasa bingung yang mendadak, sulit bicara atau sulit mengerti(tanda-tanda stroke)
  • Mendadak sukar berjalan, terhuyung dan kehilangan keseimbangan (tanda-tanda stroke)
  • Rasa mual, panas dan sangat sering muntah-muntah (tanda-tanda stroke)
  • Rasa pingsan mendadak, atau merasa hilang kesadaran secara mendadak (tanda-tanda stroke)

Bagaimana Kolesterol Tinggi menjadi penyebab Stroke: penumpukan plak juga dapat membuat otak kita tidak mendapatkan cukup darah dan oksigen. Jika sumbatan terjadi pada pembuluh darah yang melayani otak, maka  orang akan terkena penyakit stroke.

  1. penyakit jantung dan gejala serangan jantung

Bagaimana Kolesterol Tinggi menjadi penyebab serangan Jantung: jika ada sumbatan pada arteri koroner, jantung kita mendapatkan terlalu sedikit darah dan oksigen. Tanpa oksigen yang cukup, jantung akan menjadi lemah dan rusak. Jika plak pecah, maka gumpalan darah dapat terbentuk di atas penumpukan tersebut sehingga menghambat aliran darah lebih jauh lagi. Atau gumpalan darah tersebut dapat pecah dan mengalir ke arteri di bagian lain dari tubuh. Jika sumbatan menghalangi aliran darah ke jantung, maka  orang akan terkena serangan jantung.

Untuk mengantisipasi apabila terjadi serangan jantung kita perlu mengetahui gejala serangan jantung-gejala serangan jantung yang biasa ditemui.

Gejala serangan jantung :

1 . Mudah lelah (fatigue)

Calon pengidap infark miokardial akan lebih sering mengalami gejala serangan jantung ini, tubuh seakan tidak berdaya dipakai untuk bekerja. Jika kelelahan yang dialami terasa ekstrim, kemungkinan besar merupakan gejala serangan jantung.

2 . Cemas

Penyakit jantung membuat penderita merasakan kecemasan akan hal-hal yang membuat dirinya masuk ke jurang kematian, lebih intens mengalami ketakutan.

3 . Nyeri dada (Angina)

Gejala serangan jantung paling umum adalah nyeri di bagian dada. Namun tidak semua nyeri dada berhubungan dengan gangguan kesehatan organ jantung.

4 . Batuk berdarah

Batuk berdarah yang disertai darah tergolong dalam tanda-tanda menderita gagal jantung, akibat terjadi akumulasi cairan di dalam paru-paru.

5 . Gangguan tidur

Kesulitan tidur juga sering dialami oleh penderita penyakit jantung. Hal ini dilihat berdasarkan hasil survey dari sejumlah wanita, yang mana 50% mengalami gangguan tidur pada beberapa hari sebelum positif mengidap serangan jantung.

6 . Pusing dan pingsan

Serangan jantung membuat penderita beberapa kali merasakan pusing dan bahkan pingsan akibat kehilangan kesadaran. Ini terjadi karena denyut jantung yang abnormal atau aliran darah tidak optimal atau bisa juga dikarenakan kemampuan memompa darah yang buruk.

7 . Sesak napas

Sesak napas juga selalu hadir beberapa hari sebelum seseorang divonis dokter mengidap penyakit jantung. Sesak napas terjadi karena rongga udara di dalam paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner) kemasukan cairan.

8 . Mual dan nafsu makan terganggu

Oleh karenanya terjadi pembengkakan pada perut, hal ini membuat penderita mengalami kurang nafsu makan, dan bahkan lebih sering merasakan mual (rasa ingin muntah). Gejala serangan jantung ini merupakan ciri-ciri penderita dilihat secara fisik.

9 . Denyut jantung tidak teratur (Aritmia)

Apabila terjadi ketidakaturan denyut atau detak jantung, terlebih yang disertai dengan sesak napas, kelelahan, pusing, ataupun lemah adalah sebagain dari gejala serangan jantung. Jika tidak diobati dengan segera, dapat membuat penderita mengidap stroke dan bahkan mengalami kematian mendadak.

10 . Keringat dingin

Keluarnya keringat dingin ini sebetulnya termasuk salah satu gejala serangan jantung yang umum terjadi, namun jarang disadari. Oleh karena itu, jika sewaktu-waktu tubuh kita mengeluarkan keringat dingin tanpa suatu alasan, alangkah baiknya segera periksa ke dokter.

11 . Pembengkakan di beberapa bagian tubuh

Gagal jantung bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh. Dampaknya yaitu beberapa tubuh seperti kaki, pergelangan kaki, atau perut mengalami pembengkakan. Karena itu juga terjadi kenaikan berat badan yang disertai kehilangan nafsu makan.

12 . Nyeri di selain bagian dada

Rasa nyeri sekitar area bahu, lengan, siku, leher, punggung, perut, dan atau bahkan hingga ke rahang (tenggorokan) bisa jadi adalah salah satu gejala penyakit jantung. Meski demikian, rasa nyeri pada bagian tubuh selain dada hanya terjadi beberapa saat, mudah datang dan pergi.

Begitulah gejala penyakit jantung yang patut diketahui, sehingga bisa diperiksakan lebih dini.

Obat Kolesterol : Mengetahui Gejala Kolesterol Tinggi

Sekarang sudah tahu bukan, bahaya yang ditimbulkan kalau kadar kolesterol kita terlalu tinggi? Ternyata kolesterol itu berguna bagi tubuh kita tetapi bila kadarnya ketinggian maka secara lambat laun akan menyebabkan terjadinya arteriosklerosis atau terbentuknya plak pada pembuluh darah. Nah, adanya plak tersebut atau pecahnya plak tersebut itulah yang menyebabkan aliran darah dan oksigen menjadi tidak lancar. Dampaknya adalah timbulnya berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, penyakit stroke, penyakit darah tinggi atau hipertensi dan lain-lain.

Apabila kita merasa bahwa pola makan dan pola hidup kita selama ini tidak terlalu bagus maka ada baiknya kita rutin memeriksakan kadar kolesterol kita. Berikut beberapa gejala kolesterol tinggi yang biasa dirasakan namun sering diabaikan karena dampak kolesterol tinggi yang tidak secara langsung menghantam kesehatan kita.

Setelah mengetahui bahwa pola makan dan pola hidup yang buruk bisa menigkatkan kadar kolesterol maka selanjutnya kita akan membahas mengenai gejala yang ditimbulkan jika kita terkena kolesterol tinggi. Berikut gejala kolesterol tinggi :

Gejala Kolesterol Tinggi

  1. Sering kesemutan di tangan dan kaki

Kesemutan disebabkan oleh adanya bagian saraf dalam tubuh yang tidak teraliri darah. Dan hal tersebut juga merupakan salah satu gejala yang dialami oleh penderita kolesterol tinggi pada umumnya.

Gejala Kolesterol Tinggi

  1. Sering pegal di tangan dan kaki

Rasa pegal di tangan dan kaki juga disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah oleh tumpukan kolesterol.

Gejala Kolesterol Tinggi

  1. Pegal dibagian tengkuk dan pundak

Pegal di bagian tengkuk dan pundak merupakan gejala yang diakibatkan oleh tidak lancarnya aliran darah pada bagian tubuh biasanya karena tersumbat oleh kolesterol yang kadarnya melebihi batas normal.

Gejala Kolesterol Tinggi

  1. Merasa pusing pada kepala bagian belakang

Pusing yang terasa di kepala pada bagian belakang merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah disekitar kepala oleh kolesterol yang lama-kelamaan bisa pecah dan menyebabkan penyakit mengerikan yaitu penyakit stroke.

Gejala Kolesterol Tinggi

  1. Rasa sakit seperti tertusuk, di bagian dada sebelah kiri
    Rasa sakit seperti tertusuk di daerah dada sebelah kiri dikarenakan adanya penyumbatan pembuluh darah yang ada disekitar jantung dan pada kasus lebih parahnya, hal tersebut juga dapat menyebabkan serangan jantung.
produk untuk kolesterol

omepros produk untuk kolesterol, obat kolesterol

Obat Kolesterol : Cara Mengendalikan kadar kolesterol

Untuk penyakit jantung, penyakit stroke dan hipertensi yang disebabkan karena kadar kolesterol yang tinggi bisa kita kurangi dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kolesterol/ turunkan kolesterol jahat. Cara untuk turunkan kolesterol jahat antara-lain sebagai berikut :

  1. Mengatur pola makan akan turunkan kolesterol jahat

Aturlah pola makan dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh.

  1. Berhenti merokok dan minuman beralkohol akan turunkan kolesterol jahat

Merokok dan minuman beralkohol juga menjadi salah satu penyebab kadar lemak jahat dalam tubuh meningkat. Tidak rugi lho kalau berhenti merokok dan minum minuman beralkohol, in sya Allah hidup akan lebih sehat bagi jasmani, rohani, maupun kantong dan orang sekitar.

  1. Jangan minum kopi berlebihan

Boleh mengkonsumsi kopi asal jangan berlebihan.

  1. Kontrol berat badan akan turunkan kolesterol jahat

Jalankan beberapa program diet rendah kolesterol dan lakukan olahraga ringan agar berat badan anda tidak berlebih.

  1. Rutin berolahraga turunkan kolesterol jahat
  1. Hindari stress
  1. Lakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin

Jika anda mengalami gejala yang dicurigai sebagai gejala dari kolesterol tinggi, periksakanlah ke dokter.

Obat Kolesterol :Makanan & Minuman Penurun Kolesterol

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol antara lain:

  1. Kacang kedelai
  2. Kacang-kacangan
  3. Ikan Salmon

Ikan salmon diperkaya dengan kandungan omega 3 yang dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Selain mengandung omega 3, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung. Sebuah asosiasi kesehatan di Amerika, menyimpulkan dengan mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, trout, sarden, makarel dan hering minimal 2 porsi dalam 1 minggu dapat memberi manfaat yang sangat optimal dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Alpukat
  2. Bawang Putih
  3. Bayam
  4. Margarin

Beberapa jenis margarin bisa menurunkan kadar kolesterol. Misalnya margarin dari minyak biji bunga kanola.

  1. Kacang Mede, Almon, dan Kenari
  2. Teh

Masalahnya, untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut kita terkadang diliputi rasa malas atau kurang cukup waktu untuk menyediakannya setiap hari. Namun di era yang serba praktis sekarang ini bahan-bahan makanan tersebut sudah dikemas dalam bentuk suplemen makanan berbentuk soft kapsul. Jadi nggak pake ribet lagi… Salah satu contoh produk untuk kolesterol tersebut adalah OMEPROS dari Pharos.

Obat Kolesterol :Mengenal Omepros

Omepros adalah salah satu produk suplemen yang diproduksi oleh Pharos. Omepros adalah produk untuk kolesterol yang berupa food supplement yang mengandung perpaduan asam lemak essensial paling lengkap yang bersumber dari minyak ikan salmon ( Salmon Oil) dan minyak nabati ( Vegetable oil) yang sangat penting untuk proses fisiologis tubuh agar semua jaringan tubuh berfungsi normal.

Minyak ikan memiliki banyak manfaat, mengandung kandungan Omega 3 yang kaya manfaat. Omega 3 minyak ikan bisa ditemui pada ikan salmon, ikan kembung dan ikan tuna. Sedangkan Minyak Nabati diperoleh dari tanaman organik, efektif untuk menurunkan kolestrol, hipertensi, mencegah serangan jantung.

Asam lemak essensial yang terkandung di dalam produk untuk kolesterol -Omepros ini terdiri dari Omega 3,6,9 dan DHA, EPA, Vitamin E .

Obat Kolesterol :Kandungan Omepros

Kandungan aktif tiap kapsul Omepros (produk untuk kolesterol) sebagai berikut:

  • Black Currant Seed Oil   800 mg
  • Salmon Oil                      150 mg
  • Flaxseed Oil                    150 mg
  • Olive Oil                          100 mg
  • Canola Oil                         200 mg
  • Safflower Oil                   50 mg
  • Vitamin E                        15 IU

Kandungan Omega 3 dalam Omepros (produk untuk kolesterol) mencegah terbentuknya Tromboxan A2 (senyawa yang dapat menyebabkan pengerasan dan penebalan pembuluh darah arteri), mencegah terbentuknya radikal bebas yang dapat merusak sel otot jantung. Sedangkan kandungan DHA dan EPA menurunkan kadar trigliserida, mencegah pembekuan darah. Kandungan GLA berperan dalam pembentukan senyawa antiinflamasi (anti radang)

Dengan mengonsumsi satu kapsul Omepros (produk untuk kolesterol) satu hingga tiga kali sehari bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), menormalkan tekanan darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah. Produk untuk kolesterol berupa suplemen ini pun aman dikombinasikan dengan obat penurun kolesterol.

Obat Kolesterol : Fungsi Food Suplement Omepros

Sebenarnya Omepros sendiri bukan merupakan obat kolesterol tetapi Omepros adalah food supplement yang mengandung perpaduan asam lemak essensial dari bahan alam yaitu minyak ikan salmon ( salmon oil ) dan minyak nabati ( vegetable oil ) dari tanaman organik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi fungsi sebenarnya dari Omepros ini adalah membantu menjaga agar kadar kolesterol jahat dan baik dalam tubuh kita senantiasa dalam kondisi yang optimal (dengan komposisi bahan-bahan yang terkandung di dalam Omepros yang mempunyai kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik serta mencegah arteriosklerosis) sehingga tubuh akan terasa lebih sehat.

Cara penggunaan :

  • Baik dikonsumsi oleh dewasa ( 18 thn keatas ) – usia lanjut.

Dosis: 2-3 x sehari 1 soft kapsul

  • Pemulihan kesehatan: 3 x sehari 1 soft kapsul. 1 soft kapsul pagi hari, 1 soft kapsul siang hari dan 1 soft kapsul malam hari setelah makan.
  • Pemeliharaan kesehatan: 2 x sehari 1 soft kapsul. 1 soft kapsul pagi hari dan 1 soft kapsul malam hari setelah makan.
  • Omepros dapat dikombinasikan dengan obat dari dokter dan diberi selang 1 – 2 jam, antara minum Omepros dengan obat dokter.
  • Tidak dianjurkan dikonsumsi untuk anak-anak, wanita hamil dan menyusui.

Obat Kolesterol : Manfaat / Khasiat Omepros 

Berikut manfaat dari mengkonsumsi Omepros :

  1. Omepros dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL).
  2. Mengkomsumsi omepros akan menghilangkan lelah dan menjaga  stamina tubuh
  3. Omepros berperan dalam mencegah gejala penyakit Alzheimer, penyakit yang memiliki jumlah penderita yang sangat banyak.
  4. Dipercaya mampu memperkuat ingatan dan mencegah pikun
  5. mengkomsumsi omepros  dapat membantu mencegah serangan jantung
  6. Mencegah terjadinya darah tinggi jadi sangat cocok bagi orang menderita hipertensi
  7. Omepros  merupakan nutrisi otak yang paling baik , kandungan omega 3 yang terdapat di dalam tiap kapsul omepros mampu menjaga kesehatan otak.

Hasil atau efek setelah mengkonsumsi Omepros adalah turunnya kadar kolesterol jahat (LDL), naiknya kadar kolesterol baik (HDL) dan juga mampu menurunkan hipertensi, mencegah serangan jantung dan stroke sehingga kondisi tubuh menjadi lebih sehat.

Mengkonsumi Omepros bagus  untuk membantu dalam pengobatan stroke dan jantung, jaga sebagai obat hipertensi karena ketiga penyakit ini berkaitan erat dengan kadar kolesterol yang tinggi.

( TESTIMONIAL PRODUK OMEPROS bisa dilihat di link berikut:

http://www.nutrisains.com/index.php/testimonial/testimonial-omepros.html )

Obat Kolesterol :Omepros Halal?

Mengapa memilih Omepros untuk menurunkan kolesterol, alasannya antara lain adalah :

  1. Untuk material Cangkang Kapsul, Omepros menggunakan gelatin yang diproduksi dari tulang muda sapi (Bovine Cartilage). Validasi sekaligus Sertifikasi kehalalan cangkang kapsul Omepros dilakukan oleh IFANCA ( The Islamic Food and Nutrition Council of America) terhadap produsen cangkang kapsul Omepros. Omepros dan Fishqua menggunakan cangkang kapsul yang sama.
  2. Minyak nabati yang terkandung di dalam Omepros diekstrak dari tanaman organic sehingga Omepros aman dikonsumsi sehari-hari walaupun dalam jangka yang panjang
  3. Kandungan Omepros lebih lengkap dibandingkan produk sejenis, ditambah lagi ada kandungan Blackcurrant Seed Oil dengan komposisi terbesar dalam Omepros dengan manfaatnya yang sangat penting bagi tubuh dan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.
  4. Omega 3, EPA dan DHA dalam Omepros berasal dari sumber yang terbaik yaitu Minyak  ikan Salmon, karena mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.
  5. Sumber Omega 6 dan 9 dalam Omepros juga merupakan sumber baik dengan  kadar Omega 6 dan 9 cukup tinggi

Tampaknya postinganku kali ini cukup panjang dan cukup lebar, he3x…, namun semoga saja bermanfaat bagi pembaca blog ini.

 

BACA JUGA POSTINGAN YANG INI !!!

TIPS UNTUK MEDETEKSI GELATIN BABI PADA KAPSUL

One response »

  1. Ping-balik: Lichenes atau Lumut Kerak | amoraindonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s