KULINER KOTA LAHAT

Kota Lahat  berada di Sumatera Selatan yang berkultur budaya Melayu. Namun saat ini penduduk kota Lahat sudah sangat majemuk dan terdiri dari berbagai etnis bahkan bangsa, karena ada eksplorasi tambang batu bara. Beragam macam orang maka beragam macam pula selera makannya.

Kota Lahat menawarkan berbagai jenis makanan khas seperti tempoyak, lempok, pindang patin, tebu telok, dan lain-lain. Ada yang suka dengan kuliner asli Lahat, namun ada pula yang merasa aneh karena baru pertama kali merasakannya.

KULINER KOTA LAHAT

Di Lahat banyak pula pendatang yang menawarkan menu-menu istimewa, misalnya masakan Jawa, Sunda, dan lain-lain.

Namun kebanyakan orang suka dengan buah yang satu ini, yakni durian atau duren. Di Lahat, apabila musim duren tiba maka harga per buahnya cukup murah. Selain di makan langsung juga diolah menjadi dodol duren atau lempok, dan tempoyak yaitu daging durian yang diberi garam dan difermentasi. Tempoyak bisa dimakan mentah atau diolah menjadi masakan yang lezat seperti pepes ikan tempoyak, pindang ikan tempoyak, sambal tempoyak, dan lain-lain.

KULINER KOTA LAHAT

IMG1075A

duren lahat

 

Aku suka sekali dengan durian bantal. Dagingnya tebal-tebal dan rasanya manis. Kalau dimakan dengan dicampur susu kental manis plus es batu.

kuliner lahat, es duren

es duren

Coba deh, susunya mengurangi pusing yang disesabkan oleh durian. Musim durian biasanya tiba pada akhir tahun sampai awal tahun.

Coba deh, datang ke Lahat dan merasakan makanan-makanan disini. Pulangnya membeli oleh-oleh khas Lahat, Lempok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s