Lichenes atau Lumut Kerak

Standar
Lichenes atau Lumut Kerak

Lichenes atau lumut kerak, tertarik? Beberapa hari yang lalu, aku berjalan-jalan di sekeliling rumah, sambil melihat-lihat tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di sekitar halaman. Mataku tertarik melihat pada batang pohon mangga yang sudah mati, di belakang rumah. Ada tumbuhan sejenis lumut namun berbentuk seperti jamur. Warnanya hijau, dan teksturnya indah sekali menurutku.

Seingatku ini adalah Lichenes atau lumut kerak. Kuambil fotonya dan searching di internet. Penasaran tentu. Nah, inilah wujud lichenes atau lumut keraknya :

IMG0844A

lichenes atau lumut kerak

IMG0845A

lichenes atau lumut kerak yang cantik

Lichenes atau lumut kerak adalah tumbuhan hasil simbiosis mutualisme (hubungan yang saling menguntungkan) dari perpaduan antara fungus /jamur dengan ganggang hijau (umumnya Trebouxia sp) atau  cyanobacterium (umumnya Nostoc). Untuk mengklasifikasikan Lichenes atau lumut kerak ini sangat sulit karena ia merupakan gabungan dari dua jenis tumbuhan yang berbeda sejarah.

Pada Lichenes atau lumut kerak, jenis jamurnya tidak dapat hidup sendiri di alam. Sehingga ia memerlukan mitra untuk berfotosintesis. Nah, yang jadi mitra fotosintesisnya ialah ganggang hijau tadi. Sementara itu, si jamur memberikan pasokan air dan garam mineral kepada ganggang.

Sebagian spesies dari Lichenes atau lumut kerak ini mampu hidup dalam lingkungan yang sangat ekstrim, namun sebagian lainnya sangat peka atau rentan terhadap pencemaran lingkungan. Oleh karena itu Lichenes atau lumut kerak ini dapat dijadikan oleh ilmuwan sebagai indikator untuk pencemaran udara, kontaminasi logam dan sebagainya.

Cara berkembangbiak pada Lichenes atau lumut kerak ada tiga macam, yaitu :

  1. Secara Vegetatif : Fragmentasi (pemisahan bagian tubuh yang sudah tua menjadi individu baru) , Isidia (lepasnya isidia dari thallus menjadi individu baru), Soredia (tersebarnya soredium dan tumbuh menjadi individu baru).
  2. secara aseksual : spora dari jamurnya menyebar, dan bila bertemu dengan ganggang yang cocok maka dia akan membentuk individu baru.
  3. secara seksual : ini terjadi hanya pada jamurnya saja.

Lichenes atau lumut kerak ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi manusia. Beberapa manfaat Lichenes atau lumut kerak  antara lain adalah sebagai berikut :

  • obat-obatan, misalnya : lobaria pulmonaria
  • bahan makanan, missalnya : foliose lichenes
  • antibiotik, misalnya : cladonia
  • sabun, misalnya : palmeria, ramalina
  • bahan pewarna tekstil , misal : palmeria sulcata
  • parfum, misalnya : evernia prunastri

Tetapi hati-hati ya, karena ada beberapa spesies dari lichenes atau lumut kerak ini yang beracun, misalnya jenis everia dan Usnea dapat menyebabkan alergi dan gatal-gatal pada kulit, letharia vulpina adalah jenis lichenes beracun yang dipakai untuk racun serigala. Segitu aja deh tentang lichenes atau lumut keraknya. Semoga bermanfaat….

BACA JUGA DONG YANG INI,

INDOSPORT.COM PORTAL OLAHRAGA OKE BANGET

6 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s