Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com

Standar
Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com

Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com- (Postingan ini diikutsertakan dalam Blog Competition #BlibliGaleriIndonesia 2016)Apakah kamu suka berbelanja online? Aku, termasuk orang yang suka berbelanja online. Aktivitasku sehari-hari tidak memungkinkanku untuk sering pergi ke pasar, jadi sebagai solusi yang menurutku paling jitu adalah dengan berbelanja online. Apalagi sekarang situs-situs toko online sudah sangat banyak dan beragam pula barang-barang yang ditawarkan. Lagipula berbelanja online sekarang sangat mudah (asal ada uangnya saja).

Berbelanja online bisa melalui PC atau laptop juga bisa dari smartphone atau tab dengan mendownload aplikasinya. Sistem pembayaran pun bisa dengan berbagai cara, mulai dari bayar di tempat (COD), dengan kartu kredit, transfer ATM atau Internet Banking, bahkan ada yang bekerjasama dengan Indomaret agar lebih bisa menjangkau para pembeli yang tidak memiliki rekening di bank. Begitu banyak fasilitas dan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Ditambah lagi dengan diskon-diskon, voucher-voucher, serta bermacam promo yang ditawarkan membuat semakin tertariknya orang untuk berbelanja online.

Namun dengan menjamurnya toko-toko online ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu jenis-jenis toko online yang ada untuk meminimalisir penipuan yang kerap terjadi pada transaksi online.

  1. Toko Media Sosial

Media sosial yang biasa digunakan untuk toko online adalah Facebook , Twitter, dan Instagram. Untuk pencarian produknya agak susah karena bercampur aduk dengan informasi sosial lainnya. Biasanya pembeli memesan kepada penjual yang sudah dia kenal/tahu saja. Namun pembeli lebih yakin karena bisa berinteraksi langsung dengan akun si penjual demikian pula si penjual. Tapi terkadang tidak menutup praktik penipuan. Keunggulan menggunakan media sosial adalah untuk tempat promosi yang mumpuni.

  1. Classified/Daftar Iklan Baris

Penjual memasang iklan di situs. Iklan biasanya mencantumkan jenis barang, foto, dan harga lalu pihak yang bisa dihubungi. Pembeli yang tertarik akan bertransaksi langsung dengan si penjual. Transaksi model begini sangat rawan penipuan baik dari sisi penjual maupun pembeli karena tidak ada jaminan. Prosesnya juga agak lumayan. Namun semua orang bebas menjual jenis produk apapun. Promosi bagi penjual dibantu atau dilakukan oleh pengelola situs.

  1. Marketplace Customer to Customer

Di situs ini semua orang juga bisa menjadi penjual. Tata caranya hampir sama dengan jenis pertama namun pembayarannya dilakukan melalui rekening bersama milik pengelola situs, dan baru akan diserahkan ke penjual jika pembeli mengkonfirmasi penerimaan barangnya. Uang pembeli juga bisa dikembalikan jika transaksi dibatalkan atau barang dikembalikan. Transaksi jenis ini cukup aman karena ada jaminan barang diterima dan dibayar bahkan fasilitas retur. Promosi bagi penjual dibantu atau dilakukan oleh pengelola situs.

  1. Business to Customer

Toko online ini dibuat dan dikelola sendiri oleh pemilik. Pemilik bebas mengelola, menjual, mengendalikan dan mengubah toko onlinenya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasar, termasuk menentukan barang apa saja yang akan dijual di situsnya. Biasanya untuk orang yang mempunyai modal besar. Untuk promosi dan pemasaran, pemilik harus melakukannya sendiri.

  1. Shopping Mall

Bentuk e-commerce Shopping Mall kurang lebih sama dengan bentuk bisnis Marketplace Customer to Customer. Tetapi pihak yang bisa masuk menjadi penjual hanyalah brand-brand besar yang telah mempunyai nama di pasar lokal atau pun internasional. Pihak pengelola bisa menarik komisi yang lebih besar dari penjual ber-brand besar tersebut. Hingga saat ini, di Indonesia bentuk bisnis ini baru diterapkan oleh Blibli.com.

Blibli.com adalah salah satu e-commerce di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall. Harapannya agar  masyarakat yang ingin berbelanja bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun dan kapanpun hanya dengan berbelanja online di blibli.com.  PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital mengeluarkan Blibli sebagai produk pertamanya pada tahun 2010.

Tentang Blibli.com

sumber : https://www.blibli.com

Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com

Blibli.com merupakan pelopor perdagangan online Indonesia, dimana sebuah platform e-commerce yang empowering Indonesia. Memberdayakan pembeli dan penjual di Indonesia dengan produk yang relevan, aksesibilitas , customer service handal, simple, dan trust worthy. Sebagai salah satu pelopor online shopping mall, Blibli.com berkomitmen memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, mudah, menyenangkan, dimana saja dan kapan saja.

Apa yang ditawarkan oleh blibli.com ?

  • Promo

Momen belanja online menjadi lebih menyenangkan dengan beragam promo menarik yang dihadirkan di Blibli.com.

  • Customer Care

Blibli.com menghadirkan layanan Customer Care yang siaga membantu pembeli dalam berkonsultasi atau bertanya seputar produk dan layanannya

  • Jaminan Pengembalian Produk

Untuk kepuasan dalam berbelanja, Blibli.com memfasilitasi layanan pengembalian produk dengan batas waktu klaim 15 hari setelah produk diterima.

  • Sistem pembayaran yang mudah, aman dan terpercaya

Menghadirkan pilihan metode pembayaran yang bervariasi dan aman dengan sertifikasi VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System.

  • Cicilan 0% Semua Produk

Untuk kenyamanan dalam berbelanja, Blibli.com menghadirkan fasilitas Cicilan 0% untuk semua produk dengan tenor cicilan hingga 12 bulan.

  • Gratis Pengiriman Seluruh Indonesia

Blibli.com memberikan layanan Gratis Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Catatan khusus : Kebijakan tentang pengiriman gratis bagi daerah di luar Jabodetabek pada akhir November 2016 telah mengalami perubahan untuk lebih jelasnya lihat di BLIBLI.COM

  • Koleksi lengkap untuk semua kebutuhan pembeli

Menghadirkan ratusan ribu produk pilihan dari 15 kategori yang tersusun sistematis mulai dari kategori Handphone, Tablet & Wearable Gadget, Kamera, Komputer & Laptop, Peralatan Elektronik, Fashion Pria, Fashion Wanita, Kesehatan & Kecantikan, Ibu & Anak, Olahraga & Aktivitas Luar Ruang, Tiket & Voucher, Home & Living, Mainan & Video Games, Otomotif, Kuliner, dan Galeri Indonesia.

Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com

Berbicara mengenai Galeri Indonesia, blibli.com sangat menaruh perhatian khusus. Blibli sangat men-support produk kreatif buatan anak bangsa. Jika kamu hendak mencari 100% Produk Kreatif Asli Indonesia, blibli.com sudah menyediakan galeri khusus yang memuat atau menyediakan berbagai produk kreatif asli Indonesia. Dari mulai pakaian, kuliner, sampai paket liburan dan pertunjukan pun tersedia dalam galeri ini. Produk-produk yang ditawarkan pun tidak sembarangan.

Coba saja cuci mata di blibli.com Galeri Indonesia, disana kamu bisa menemukan Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia. Kuliner-kuliner yang ditawarkan adalah kualitas ekspor yang sudah melanglang buana sampai ke luar negeri, bahkan pakaian muslim pun tersedia brands Zaskia Sungkar, Ria Miranda yang lain-lain dimana seperti yang telah kita ketahui sendiri kualitas dan namanya sudah terkenal sampai ke mancanegara. Belum lagi batik, kerajinan-kerajinan lokal yang unik-unik serta paket-paket wisata dalam negeri dengan objek-objek wisata di Indonesia yang telah mendunia.

Dalam kategori Galeri Indonesia tersedia banyak pilihan sebagai berikut :

  1. Galeri Batik Indonesia
  2. Galeri Buku & Musik Indonesia
  3. Galeri Kriya Indonesia
  4. Galeri Kuliner Lokal Indonesia
  5. Galeri Lokal Brands Indonesia
  6. Galeri Pakaian Muslim Indonesia
  7. Galeri Produk Kecantikan
  8. Galeri Tiket & Travel Lokal Indonesia
  9. Galeri Workshop

sumber : https://www.blibli.com

Kenapa tulisan Galeri Kuliner Lokal Indonesia ditebalkan? Itu karena aku menjadi salah satu pelanggan yang sering membeli produk kuliner lokal Indonesia. Terakhir aku membeli produk minyak goreng yang saat itu ongkir ke luar Jawa masih full gratis. Selama beberapa kali bertransaksi di blibli.com in sya Allah tidak ada unsur penipuan sama sekali. Barang selalu terkirim dalam keadaan baik dan aman. Terima kasih blibli.

Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com

Kiriman dari blibli.com

Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com

Stiker Anugerah Produk Asli Indonesia

Pada bungkus luar tertempel stiker Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI) 2008. Berdasarkan hasil browsing maka stiker tersebut disematkan pada produk atau jasa yang telah mendapatkan anugerah APAI. APAI sendiri dirancang dan diwujudkan untuk mengangkat produk asli Indonesia, baik berupa barang maupun jasa, agar dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri maupun mampu berlaga di ajang antar bangsa dengan kriteria penilaian bagi produk atau jasa yang :

  • dirancang oleh putra-putri Indonesia,
  • proses produksi berpusat di Indonesia,
  • didominasi local content dan berkarakter Indonesia

(Baca juga anugerah untuk anak bangsa lainnya dalam postingan berikut)

Rasanya Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com.  Memang sebagai rakyat Indonesia seharusnyalah kita merasa bangga menggunakan produk asli Indonesia hasil kreatifitas anak bangsa yang berkualitas dan membanggakan. Dan kita patut mengapresiasi pihak-pihak yang mendukung serta menyediakan wadah bagi kreatifitas anak bangsa seperti blibli.com ini.

Selintas Info : Kita bisa membeli apa saja di pasar online, hanya saja bagi umat Islam jangan sampai kebablasan membeli barang yang haram, dan  satu lagi sekedar berbagi informasi kalau hendak membeli emas jangan melalui online, karena emas tidak memenuhi syarat jika dibeli secara online. Hukum membeli emas secara online adalah riba.

Namun pada pokoknya berbelanja online dari pihak manapun, memanglah unsur waspada atau kehati-hatian serta kepercayaan adalah yang paling utama. Bagi penjual junjunglah tinggi kejujuran demikian pula bagi pembeli agar bisnis online di negeri kita bisa berkembang dengan positif. Karena pada dasarnya pasar online juga menjadi salah satu sektor yang meningkatkan kegiatan perekonomian bangsa. Karena dengan menjamurnya bisnis online ini semakin membuka kesempatan yang luas bagi para pelaku bisnis baik dari kalangan industri rumahan maupun industri skala besar.

Dikutip dari Pikiran Rakyat Edisi 02 Maret 2016 Halaman 8 yang dimuat dalam situs https://tirto.id bahwa Jumlah pembeli online (online shop-per) di Indonesia tahun 2016  ini diprediksi mencapai 8,7 juta orang atau naik sebesar 17,57% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2015 jumlah pembeli online diperkirakan mencapai 7,4 juta atau 10% total pengguna internet Indonesia Sejak 2013 hingga saat ini, jumlah pembeli online terus meningkat. Mulai dari 4,6 juta orang pada 2013, naik menjadi 5,9 juta orang (2014), dan mencapai 7,4 juta jiwa tahun lalu.

Grafik pembeli online

Agar lebih mudah dipahami informasinya aku sederhanakan dalam bentuk grafik

Berdasarkan hasil survei Sharing Vision kepada 117 responden, diketahui bahwa sebagian besar pembeli online (68%) mengaku memilih belanja online karena alasan praktis, tidak perlu pergi ke toko. Sebanyak 63% mengaku termotivasi karena bisa berbelanja kapan saja, tanpa dibatasi waktu.

Sementara itu, 50% mengaku tergiur karena diskon/promo, 34% karena banyaknya pilihan toko dan produk, 31% karena harga yang jauh lebih murah, dan 11% karena bisa menggunakan kartu kredit. Alasan lainnya, karena barang hanya dijual secara online, atau barang langsung dikirim ke rumah.

Fashion dan mode menjadi produk yang paling banyak dibeli secara online. Disusul koleksi, hobi, serta mainan, tiket, alat elektronik, telepon seluler/tablet, perlengkapan rumah tangga, buku, juga makanan/minuman. Sedangkan untuk metode pembayaran, sebagian besar pembeli online di Indonesia masih menggunakan cara transfer, baik melalui ATM, m-banking, atau kantor cabang perbankan,” (Dimitri Mahayana, Chief Lembaga Riset Telematika Sharing Vision, Bandung).

Berdasarkan data-data di atas dapat kita lihat betapa besar potensi kegiatan bisnis online. Dengan potensi sebesar itu maka bisnis online dapat menjadi wadah atau sarana pasar bagi penjual/produsen yang ingin mengembangkan usahanya agar bisa menjangkau ke konsumen yang lebih luas. Bisnis online bisa menjadi angin segar bagi UKM dan industri di Indonesia yang mengusung produk-produk lokal asli Indonesia. Lagipula UKM merupakan pilar perekonomian Indonesia yang sangat tangguh dan terbukti tidak terpengaruh oleh krisis ekonomi sehingga sepatutnyalah mendapat dukungan oleh semua pihak. Jadilah Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia! Aku Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com. 

3 responses »

  1. Ping-balik: Honda Win 100 cc, Kisah Kesetiaan Motor Bersayap | amoraindonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s