Terbangan Pengarak Pengantin Lahat

Standar

Di Lahat, orang-orang biasa mengadakan resepsi pernikahannya pada hari Minggu. Karena pada hari Minggulah  para undangan biasanya banyak yang datang, maklum hari libur. Nah, pada Minggu yang lalu tetanggaku ada yang menikahkan anaknya.

Resepsi biasanya diadakan di halaman rumah pengantin wanita. Sebelum acara dimulai maka pengantin akan diarak dulu. Mengaraknya nggak jauh-jauh kok. Cukup mengambil jarak kira-kira 100 m dari tempat resepsi, kemudian rombongan pengantin akan diarak menuju pelaminan. group terbangan

Arak-arakan tersebut akan didahului dengan terbangan. Apa pengertian terbangan? Terbangan adalah musik rebana. Biasanya pada arakan pengantin ini terbangan dibunyikan untuk mengiringi sholawat nabi. Para pemain terbangan-nya terdiri dari laki-laki semua. Arak-arakan akan dimulai dengan dimainkannya terbangan oleh group terbangan tadi, sambil bersholawat, sambil menari , sambil menabuh terbangan. Biasanya keluarga pengantin menyewa group terbangan tersebut.

Barulah kemudian rombongan pengantin (terdiri dari : kedua pengantin, orang tua dan keluarga masing-masing, kadang-kadang juga tetangga dekat) akan mulai berjalan menuju ke pelaminan di tempat resepsi.IMG0702Aarakan pengantin

Asyik, pokoknya melihat arak-arakan tersebut. Aku sudah pasang ancang-ancang  memotret(biasa dengan Hp). Saat sudah hampir waktunya rombongan arakan lewat, eh, ada beberapa sepeda motor berhenti menghalangi. Karena jalanannya sempit, maka mereka berhenti dahulu menunggu rombongan pengantin lewat. Alhasil, foto yang dihasilkan amburadul. Sebenarnya alasannya bukan itu,sih. Malu untuk mengambil foto dalam jarak dekat, adalah alasan yang sesungguhnya (he3x).

Tapi setidaknya ada tampilan dari terbangan-nya, daripada membayangkan saja, iya, kan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s