Festival Sriwijaya 2012

Standar

Sebentar lagi sudah akhir bulan September. Setelah September tentu Oktober kan. Nah pada bulan Oktober inilah sesuatu yang spesial akan diselenggarakan di kota kecilku, Lahat. Ya. Festival Sriwijaya 2012 akan diselenggarakan di kota Lahat kota kecintaanku. 

Festival Sriwijaya 2012 tepatnya akan diselenggarakan pada tanggal 15-21 Oktober. Lokasi FestJembatan Gantungival Sriwijaya 2012 adalah di Lapangan Seganti Setungguan (eks Lap. MTQ). Peserta Festival Sriwijaya 2012 ini adalah dari seluruh kabupaten kota di Sumatera Selatan. Kabarnya Festival Sriwijaya 2012 juga akan melibatkan dua negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia. Sedangkan agenda kegiatan dari Festival Sriwijaya 2012 itu sendiri adalah menampilkan berbagai ragam kesenian dan budaya dari daerah masing masing di provinsi sumatera selatan.

Kabarnya lagi Ahmad Dani dkk akan memeriahkan Festival Sriwijaya 2012 ini. Wah, sepertinya bakal meriah ya. Acara seperti Festival Sriwijaya 2012 ini sedikit banyak akan berguna untuk mempromosikan pariwisata di Sumatera Selatan pada umumnya dan Kota Lahat pada khususnya. Kota Lahat terkenal dengan sebutan kota sejuta Megalith.

Apa sih Megalith itu? Pengertian megalitik kurang lebih adalah suatu tradisi dari masyarakat pada suatu masa yang menghasilkan batu-batu besar. Peninggalan tradisi batu besar itu berupa Menhir,  Arca, Lumpang Batu,  Dolmen, Kubur Batu, Punden Berundak dan sebagainya. Nah orang-orang yang akan berkunjung ke Lahat pada event Festival Sriwijaya 2012 ini, sayang kalau melewatkan kesempatan untuk melihat peninggalan jadul ini. Selain itu Lahat terkenal dengan bukit jempolnya dan sungai Lematang.

Tetapi ada pro dan kontra juga dalam penyelenggaraan ini. Karena baru pada tahun 2012 ini Festival Sriwijaya di laksanakan di luar Palembang. Ada pendapat yang menyatakan bahwa festival ini seharusnya menjadi puncak dari penyelenggaraan festival-festival dari masing-masing daerah di Sumatera Selatan (nb : di Lahat ada Festival serelo). Dan lagi jarak tempuh ke Lahat kurang lebih lima jam perjalanan dari Palembang (nb : bisa lebih lama karena macet angkutan batubara), sehingga dikhawatirkan akan menyulitkan para peserta festival.

Terlepas dari itu semua festival ini setidaknya akan banyak memberikan manfaat bagi warga Lahat baik dalam sektor kepariwisataan maupun ekonomi . Karena dengan adanya festival ini, walaupun sebentar akan memberikan ladang rezeki bagi berbagai pihak yang bisa memanfaatkan moment berharga ini.

Dan selaku warga yang baik tugas kita adalah ikut mensukseskan Festival Sriwijaya 2012 di Kabupaten Lahat ini.

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s